PERSEPSI PARA PIHAK TERHADAP KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT DALAM MELESTARIKAN HUTAN DI KENEGERIAN ROKAN KECAMATAN ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU

Mawaddatun izzati, Muhammad Mardhiansyah, Evi Sribudiani

Abstract


Kearifan lokal berguna sebagai pengetahuan hidup maupun sebagai perilaku manusia dalam melestarikan lingkungan. Kearifan lokal dalam melestarikan hutan sudah berkurang, keberadaan hutan di Kenegerian Rokan semakin menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi para pihak terhadap kearifan lokal masyarakat Rokan dalam melestarikan hutan di Kenegerian Rokan. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik porposive sampling sebanyak sepuluh responden. Data dianalisa secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal sudah tidak dijaga dengan baik dan tidak berlaku lagi. Tokoh masyarakat yang berperan di Kenegerian Rokan adalah tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pendidikan. Banyaknya tokoh masyarakat yang mementingkan kepentingannya sendiri dan memberlakukan sanksi yang tidak tegas, telah membuat masyarakat tidak peduli satu sama lain dan menimbulkan banyak konflik. Hal ini menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap Ninik Mamak selaku tokoh masyarakat dan menyebabkan masyarakat tidak lagi menjaga dan memelihara kelestarian hutan.


Keywords


Various parties, local wisdom, community, preserve the forest

Full Text:

PDF

References


Aan, A. 2012. Menugal Padi di Ladang. http://www.kasiangan.com /2012/8/menugal-padi-di-ladang.html. Diakses tanggal 8 September 2018.

Arlita, T. 2005. Persepsi Para Pihak Terhadap Fungsi Hutan Alam Produksi Bekas Tebangan Kasus di Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Tesis (Tidak dipublikasikan). Pascasarjana IPB. Bogor.

Asdak, C. 2007. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Rokan Hulu. 2017. Kabupaten Rokan Hulu dalam Angka Tahun 2017.

Darusman, D. 1989. Ekonomi Kehutanan. Fakultas Kehutanan IPB. Bogor.

Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Rokan Hulu. 2012. Peta dan Data Tutupan Lahan Hutan Kecamatan Rokan IV Koto 2005 sampai 2011.

Drianta, N. 2010. Kajian Kearifan Masyarakat Lokal dalam Pemanfaatan Lahan di Sekitar Hutan Kecamatan Pendalian IV Koto dan Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Skripsi Agribisnis (Tidak dipublikasikan). Universitas Riau. Pekanbaru.

Ghalib, W. Jamain, Irhammas, Mazian dan Syamsu, T. 1982. Naskah Studi Kelayakan Bekas Kerajaan Rokan. Proyek Pemugaran dan Pemeliharaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Riau. Rokan Hulu.

Hamidy, UU. 2001. Kearifan Puak Melayu Riau dalam Memelihara Lingkungan Hidup. Universitas Islam Riau Press. Pekanbaru.

Hamidy, UU. 2005. Kearifan Puak Melayu Riau Memelihara Lingkungan Hidup. Universitas Islam Riau Press. Pekanbaru.

Kadarman, et al. 2001. Pengantar Ilmu Manajemen. Prenhalindo. Jakarta.

Pangaribuan. 2009. Teknik Komunikasi dan Presentasi yang Efektif. Balai Diklat Kehutanan Pematang Siantar.

Rahayu, DG. 2014. Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Lunturnya Kearifan Lokal Masyarakat dalam Melestarikan Hutan di Kenegerian Rokan Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Skripsi Kehutanan (Tidak dipublikasikan). Universitas Riau. Pekanbaru.

Suhendang, E. 1996. Konsep Pengelolaan Hutan Berkelanjutan. Institut Pertanian Bogor Press. Bogor.

Widianto, Hairiah, Suharjito dan Sarjono. 2003. Fungsi dan Peran Agroforestri. World Agroforestry Centre (ICRAF). Bogor




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jiik.6.1.1-15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL ILMU-ILMU KEHUTANAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.